Jumat, April 19, 2024
BerandaPemerintahanBabinsa Koramil 0815/04 Puri Bantu Petani Airi Tanaman Padi

Babinsa Koramil 0815/04 Puri Bantu Petani Airi Tanaman Padi

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Babinsa Koramil 0815/04 Puri Kodim Mojokerto Serma Sugeng membantu petani mengairi sawah dengan mengunakan satu unit mesin pompa air, di sawah milik Giono, anggota Kelompok Tani Tirto Mulyo I, Dusun Ketawang, Desa Tampungrejo, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (08/07/2019).

Dalam pertumbuhannya tanaman padi, memerlukan air cukup yang banyak, mulai dari pengolahan lahan hingga menjelang panen. Selain itu pupuk dan obat obatan tanaman sangat diperlukan, seperti halnya tanaman padi Jenis Ciherang milik Giono yang saat ini sudah berumur 70 hari sangat memerlukan pasokan air yang cukup untuk proses pertumbuhan, demikian ungkap Serma Sugeng.

Serma Sugeng menambahkan, pengairan dengan pompa diesel ini dilakukan, karena curah hujan mulai berkurang dan irigasi pertanian mulai menyusut. Sehingga untuk mempercepat proses pengairan dilakukan dengan bantuan mesin pompa air, yang di mulai sejak pagi hingga malam hari.

Lebih lanjut Serma Sugeng menjelaskan, seperti tanaman padi pada umumnya, milik Giono ini juga membutuhkan pengairan secara teratur, saat kapan padi harus diairi, begitu pula sebaliknya kapan tanaman padi harus dikurangi airnya.

“Jika proses tersebut dilakukan secara tepat dan benar, maka tanaman padi akan tumbuh dan berkembang secara normal dan maksimal sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil produksi pertanian,” pungkas Serma Sugeng.

Sementara, Giono mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang telah banyak membantu para petani di Dusunnya.

“Mudah mudahan dengan adanya pendampingan dari Babinsa ini, program untuk mensukseskan swasembada pangan bisa terwujud,” ungkapnya penuh harap.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments