Kamis, April 25, 2024
BerandaIndexPeristiwaKabupeten Mojokerto Jadi Ajang Puncak Peringatan HARGANAS

Kabupeten Mojokerto Jadi Ajang Puncak Peringatan HARGANAS

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVI Tingkat Provinsi Jawa Timur diselenggarakan di Kabupaten Mojokerto. Peringatan Harganas di Mojokerto ini berlangsung pada 29-30 Juni 2019, yang berpusat di Stadion Gelora Gajahmada Mojosari Kabupeten Mojokerto.

Acara yang diperingati setiap tanggal 29 Juni itu dihadiri oleh,Inspektur Utama BKKBN Nasional Agus Sukiswo, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin, Wakil Bupati Mojokerto, Aji Pungkasiadi beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Mojokerto, dan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur Maria Ernawati.

Dalam acara tersebut, Arumi Bachsin datang bersama anaknya, Lakeisha, sambil berbagi pengalaman tentang mengurus rumah tangga serta bagaimana cara mengasuh anak.

Peringatan Harganas XXVI tahun 2019 ini mengambil tema “Hari Keluarga, Hari Kita Semua” dan Slogan “Cinta Keluarga, Cinta Terencana“. Dengan tema dan slogan tersebut, maka peringatan Harganas diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum dan pemacu bagi keluarga Indonesia untuk terus-menerus berupaya meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga agar dapat menghasikan generasi yang berkualitas.

Dengan diadakannya kegiatan ini adalah meningkatnya peran serta pemerintah, mitra kerja, swasta, masyarakat dan keluarga tentang pentingnya penerapan 8 (delapan) fungsi keluarga secara optimal dalam rangka pembentukan karakter sejak dini, untuk mewujudkan pelembagaan keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera.

Kepala Bidang ADPIN Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Dra. Maria Ernawati, MM., mengantakan, melalui 8 fungsi keluarga itulah diharapkan setiap keluarga mengetahui, memahami dan melaksanakan, mengingat setiap fungsi tersebut merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan.

“Melalui 8 fungsi keluarga bila diimplementasikan niscaya akan tumbuh anak bangsa Indonesia yang memiliki karakter kuat dan kepribadian terpuji apalagi dalam situasi dan kondisi yang serba transparan saat ini,” kata Maria, Minggu (30/06/2919).

Oleh karena itu, lanjut Maria, untuk mendukung hal tersebut di atas maka kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan pada peringatan Hari Keluarga Nasional XXVI tersebut akan erat kaitannya dengan bagaimana penerapan dari 4 pendekatan ketahanan keluarga.

“Bagaimana penerapannya? Yakni, Berkumpul keluarga, Keluarga berinteraksi, Keluarga berdaya, Keluarga perduli dan berbagi,” jelasnya.

Maria berharap dengan adanya perayaan HARGANAS XXVI Tahun 2019 ini dapat menjadi momentum dan kesempatan untuk menjadi stimulasi dalam mewujudkan visi dan misi BKKBN, serta diharapkan juga sebagai ajang untuk meningkatkan komitmen dan sinergitas antara BKKBN dan mitra kerja lainnya baik dari pemerintah maupun swasta dalam mendukung keberhasilan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga dalam rangka menuju bangsa lndonesia yang sejahtera.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments