Sabtu, April 20, 2024
BerandaIndexHeadlineWarga Temukan Struktur Bangunan Kuno, Di Kabupaten Mojokerto

Warga Temukan Struktur Bangunan Kuno, Di Kabupaten Mojokerto

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Warga Mojokerto kembali temukan struktur bangunan batu-bata kuno di tempat pembuatan batu-bata di Dusun Bendo, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur

Struktur bangunan batu-bata kuno tersebut, berbentuk seperti pondasi kerajaan. Warga menemukan struktur bangunan tersebut pada saat dirinya menggali tanah yang ingin dibuat batu-bata.

“Saya temukan pada hari Rabu (19/06) kemarin, saat saya menggali tanah buat bata merah dalam kedalaman sekitar 1,30 meter saya melihat ada tumpukan batu kuno ini yang bentuknya seperti pondasi,” kata Muklason (46) penemu pertama situs, Jum’at (21/06/2019).

Diperkirakan Muklason panjang struktur tersebut, sekitar 30 meter, tinggi sekitar 1 meter dan lebar 1,30 meter. Menurutnya, struktur bangunan peninggalan Kerajaan Majapahit tersebut masih panjang.

“Setelah menemukan struktur bangunan berbentuk pondasi yang terbuat dari batu-bata kuno tersebut, saya langsung melaporkan ke BPCB Jawa Timur di Trowulan,” tandasnya.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments