Beranda Index Headline Tingkat Partisipasi Pemilu di Mojokerto Memuaskan, Dawarblandong Paling Tinggi

Tingkat Partisipasi Pemilu di Mojokerto Memuaskan, Dawarblandong Paling Tinggi

caption : Ketua KPU Ayuhanafiq memberikan piala untuk tiga besar partisipasi pemilih tertinggi tingkat kecamatan

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah resmi mengumumkan hasil pemilu 2019 pada 21 Mei lalu, dengan menetapkan Pasangan nomor urut satu, Jokowi-Ma’ruf Amin sebagai peraih suara terbanyak, 55,5 persen, atau unggul lebih dari 16 juta suara dari pasangan Prabowo-Sandi.

KPU juga menyebut tingkat partisipasi pada pemilu tahun ini meningkat, dibanding lima tahun lalu. Angkanya sekitar 80,90 persen, atau naik tak kurang dari 10 persen dari pemilu 2014 yang sebesar 70 persen. Tingginya angka partisipan ini juga melebihi target RPJMN 2015-2019 sebesar 77,5 persen.

Partisipasi di Mojokerto

Tingginya angka partisipasi pemilu 2019 juga terjadi di Kabupaten Mojokerto. Data dari KPU Kabupaten Mojokerto, angka partisipasi di kota onde-onde mencapai 87 persen, atau melebihi target nasional sebesar 75 persen. Fakta ini tentu membanggakan masyarakat Mojokerto yang dinilai dewasa dalam menyikapi pesta demokrasi.

“Tingginya partisipasi di Mojokerto tidak terlepas dari sinergitas yang terbangun, mulai dari KPU, Bawaslu dengan Forkopimda. Selain itu juga karena kekompakan yang terjalin diantara penyelenggara pemilu, dari tingkat KPU pusat, daerah, PPK, hingga PPS,” ujar Ketua KPU Kabupaten Mojokerto, Ayuhanafiq.

Dawarblandong Partisipasi Terbaik

caption : Jajaran PPK Dawarblandong saat menerima piala

Sementara itu, Dawarblandong sukses mempertahankan predikat Kecamatan dengan partisipasi tertinggi dalam pemilu 2019. Dawar mengalahkan Gondang, dan Pungging yang berada di posisi kedua dan ketiga.

“Angka partisipasi terbaik dipertahankan Kecamatan Dawarblandong dengan nilai mencapai 89,86 persen. Kemudian disusul Gondang 88,23 persen, dan Pungging 88,09 persen,” imbuh Yuhan.

Menanggapi hasil tersebut, Ketua PPK Dawarblandong, Sujito mengaku bangga atas prestasi yang didapat. Menurutnya, hasil positif ini tidak terlepas dari usaha PPK untuk meningkatkan sinergi dengan Muspika setempat.

“Tentunya ini tidak terlepas dari peran Muspika setempat yang tiap malam melakukan sosialisasi, dan Bimtek agar masyarakat mau menggunakan hak suaranya,” ujar Sujito.

Selain meraih predikat kecamatan dengan partisipasi terbaik, Dawarblandong juga memegang predikat penyelenggara sukses dari KPU Kabupaten Mojokerto. (joe/gan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here