Kamis, April 25, 2024
BerandaIndexHeadlineSaluran Jebol Direhab Sementara

Saluran Jebol Direhab Sementara

SIDRAP, Xtimenews.com – Sambil menunggu rehabilitasi secara permanen, Minggu (5/5/209), Pemerintah Kabupaten Sidrap bersama masyarakat melakukan penanggulangan sementara saluran sekunder yang jebol beberapa hari lalu.

Satu unit alat berat excavator dari Dinas PSDA berikut satu unit tronton Dinas PU Tarhub diturunkan untuk membantu pekerjaan.

Saluran yang jebol dibersihkan dari reruntuhan kemudian ditutup dengan karung berisi tanah dan dedak.

Bupati Sidrap, H Dollah Mando memantau langsung pembuatan tanggul sementara tersebut. Ia didampingi Kadis PSDA Sidrap, Imran Abidin Kabid Operasi dan Pemeliharaan PSDA, Muhammad Yusuf.

“Saluran air yang jebol ditanggul sementara agar air bisa mengalir untuk sawah yang mulai kering sambil menunggu rehabilitasi secara permanen,” ujar Dollah.

Kehadiran Bupati Sidrap membuat gotong royong masyarakat yang berasal dari Desa Salobukkang, Ajubissue, Tanru Tedong dan Salomallori serta personil PSDA semakin bersemangat.

Mereka bekerja sama mulai dari pengarungan, pengangkutan tanah dan dedak sampai menyusun karung di tanggul yang jebol.

Dengan perbaikan yang dilakukan hari itu, rencananya saluran sudah bisa dialiri air sehari setelahnya atau Senin, (6/5/2019).

Sebelumnya diberitakan, Saluran Sekunder Tanru Tedong, tepatnya pada B.Tt.3 dan B.Tt.4. Daerah Irigasi Bulu Cenrana, Kecamatan Dua Pitue, jebol Selasa (30/4/2019) akibat banjir.

Hari itu juga, Pemkab Sidrap langsung berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang untuk upaya perbaikan.

BBWS Pompengan merespon dengan turun melakukan survei kerusakan sehari setelahnya.(Dar/den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments