Jumat, April 26, 2024
BerandaIndexBabinsa Koramil 0815/08 Dawarblandong Pantau Banjir Kiriman

Babinsa Koramil 0815/08 Dawarblandong Pantau Banjir Kiriman

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Meluapnya Kali Lamong yang melintasi wilayah Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, kembali terjadi di Dusun Balong, Desa Banyulegi, Kecamatan Dawarblandong, Senin (29/04/2019) dini hari.

Banjir kiriman ini dipicu akibat hujan yang melanda wilayah tersebut, sehari sebelumnya, minggu (28/04) malam, hal ini langsung disikapi Koramil 0815/08 Dawarblandong dengan mengerahkan Piket Koramil 0815/08 Dawarblandong Koptu Eko Budi Santoso dan Kopda Suhendik untuk terjun ke lokasi membantu Babinsa setempat, Kopda Jouns Yusuf Efendi.

Menurut Babinsa Banyulegi, Kopda Jouns Yusuf Efendi, banjir kiriman yang terjadi sekira pukul 00.30 WIB mengakibatkan air meluap ke pemukiman warga dan areal pertanian dengan ketinggian bervariasi.

“Di lahan pemukiman warga, ketinggian air mencapai 12 centimeter, sedangkan di jalan dan areal pertanian yang ditanami padi berumur 1,5 bulan, ketinggian air antara 60 hingga 70 centimeter,” terangnya. 

Pantauan di lapangan, sekitar 14 unit rumah warga di Dusun Balong Desa Banyulegi masih tergenang air, sementara untuk areal pertanian sekitar 30 hektar terendam banjir. 

Terpisah Danramil 0815/08 Dawarblandong Kapten Inf M. Kasim mengatakan, pihaknya sudah mengerahkan para Babinsa untuk memantau sekaligus membantu warga yang terdampak banjir. 

“Bahkan siang tadi, Babinsa dan Perangkat Desa serta Relawan juga membantu pendistribusian bantuan dari BPBD Kabupaten Mojokerto bagi warga yang terdampak banjir.

Situasi terkini pukul 13.00 WIB, kondisi air mulai surut, dan masih dalam pemantauan aparat terkait.  Tampak sejumlah aparat dari Koramil 0815/08 Dawarblandong, Babinsa setempat, bersama TRC BPBD, Anggota Polsek Dawarblandong, Tim Medis dari UPT Puskesmas Dawarblandong, Tagana, Kasun Balong beserta Perangkat Desa dan Relawan lainnya hingga berita ini diturunkan masih berada di lokasi guna mengantisipasi terjadinya banjir susulan.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments