Jumat, April 26, 2024
BerandaIndexHeadlineHari Bumi, Siswi SDN Mojosari Mengajak Masyarakat Peduli Lingkungan Hidup

Hari Bumi, Siswi SDN Mojosari Mengajak Masyarakat Peduli Lingkungan Hidup

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Puluhan pelajar dan masyarakat umum mengikuti lomba lukis di dinding atau mural, dalam rangka memperingati Hari Bumi, yang diselenggarakan oleh pemerintah kabupaten Mojokerto, di kawasan Stadion Gajahmada, jalan raya gajah Mada Mojosari, Kabupeten Mojokerto. Kamis (25/04/2019)

Pada lomba melukis ini peserta diwajibkan untuk mengambil tema yang berhubungan dengan pelestarian lingkungan hidup, lomba ini diikuti kurang lebih sekitar 45 regu dari kalangan pelajar dan masyarakat umum. Satu regu ada yang berjumlah 3 sampai 5 kelompok dan ada juga peserta tunggal.

Selain untuk meningkatkan dan menuangkan kreativitas dalam dunia seni pada tempat dan wadah yang pas, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperindah kota Mojosari.

Para peserta terlihat antusias dalam mengikuti lomba kali ini, ada peserta yang melukis dengan kuas ada juga yang menggunakan jari tangan sesuai dengan apa yang ingin dihasilkan.

Gambar peserta yang mengikuti lomba mural.(Deni Lukmantara/xtimenews)

Seperti siswi SDN Mojosari, Veshayu Taranggana Sasadhara atau yang lebih akrab dipanggil dengan Tara, siswi kelas 6 SD ini adalah peserta termuda yang mengikuti lomba muril kali ini. Dirinya mengambil tema ‘jagalah bumi dari penebangan pohon liar dan bebas dari sampah plastik’.

Selain ingin berkreasi, dengan gambar yang dilukis ia ingin memberitahu pada banyak orang supaya peduli pada lingkungan hidup lewat gambar.

“Dari gambar ini saya menyampaikan bahwa kita harus bisa mengelola sampah plastik dan melestarikan alam ini,” kata Tara, Kamis (25/04/2019).

Dia melukis dengan menggunakan media cat tembok dan cat akrilik. Bahkan dia baru pertama kali melukis di dinding dengan menggunakan cat.

“Baru pertama kali dan baru kemarin mempersiapkan ini dengan dibantu orang tua,” jelas Tara.

Tara mengaku keahlian melukis ini dirinya belajar sendiri dengan dorongan dari orang tua. Bahkan dia merasa puas dengan hasil yang didapat kali ini meski baru pertama kali melukis di media dinding.

“Tadi dibantu sama papa sedikit, butuh waktu sekitar enam jam untuk menyelesaikan ini,” pungkasnya.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments