Beranda Index Headline Pendampingan Pembetukan Gugus Tugas Kecamatan Tulangan.

Pendampingan Pembetukan Gugus Tugas Kecamatan Tulangan.

Berlangsungnya kegiatan pendampingan pembentukan Gugus Tugas Kecamatan, Desa / Kelurahan layak anak tahun 2019.(foto istimewa/xtimenews)

SIDOARJO, Xtimenews.com – Dinas P3AKB Kabupaten Sidoarjo selenggarakan kegiatan pendampingan pembentukan Gugus Tugas Kecamatan, Desa / Kelurahan layak anak tahun 2019, Selasa (26/03/2019) di ruang rapat Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo dengan alamat Jalan Raya Kenongo No. 20 Tulangan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut kurang lebih 100 orang diantara, Camat Tulangan Drs. Abdul Wahib M.M., Anggota Ramil 0816/05 Tulangan Serma Marjuki, Nilam Cahyandari S.ST., Kasi Pemenuhan Hak anak beserta staf dan Adi Kurniawan dinas P3AKB dari Propinsi Jatim.

Abdul Wahib Camat Tulangan dalam sambutannya, mengucapkan banyak terima kasih kepada para peserta undangan yang telah hadir. “Kegiatan ini merupakan sosialisai dari tim DP3AKB tingkat propinsi juga dari Kabupaten,” Ucap Camat

Ditempat yang sama, Adi Kurniawan dinas P3AKB dari Propinsi Jatim, menyampaikan, yang intinya sebagai landasan Sosiologi jumlah anak di Indonesia adalah sepertiga penduduk Indonesia dan masih banyak pola pikir dan perilaku yang menjadikan anak sebagai obyek dan properti orang dewasa (orang tua, guru, pemerintah, dan lainya)

“Prinsip perlindungan anak Non diskriminasi adalah Prinsip perlindungan anak, Non diskriminasi, kepentingan anak ,kekerasan dalam lingkungan keluarga dan jenis perilaku kekerasan yang dialami anak dalam lingkungan keluarga seperti menjewer, mencubit, menendang, memukul dengan tangan/dengan benda, menghukum hingga jatuh sakit serta melukai dengan benda berbahaya dan Kekerasan dalam lingkungan pendidikan yang Ter identifikasi 4 jenis perilaku kekerasan dominan yang fialami anak dalam lingkungan pendidikan yakni, Menjewer, mencubit, membentak dengan suara keras, menghina di hadapan teman atau orang lain dan Pelakuan kekerasan terhadap anak dalam lingkungan pendidikan adalah guru, teman sekelas dan teman lain kelas,” paparnya.

Adi menambahkan, penyebab terjadinya kekerasan pada anak dalam keluarga maka
Sebagai Orang tua mengalami perlakuan salah satu trauma pada masa anak – anak. Seperti Orang tua yang agresif dan emosional, Orang tua tunggal serta Pernikahan dini dan belum siap secara emosional dan ekonomi, Sering terjadi KDRT, Kemiskinan dan tidak mempunyai pekerjaan serta Jumlah anak banyak dan keluarga besar.

Batituud Ramil 0816/05 Tulangan saat dimintai keterangan mengatakan, dalam kegiatan pendampingan pembentukan Gugus Tugas Kecamatan, Desa / Kelurahan layak anak tahun 2019 dari dinas P3AKB Kab. Sidoarjo, dalam pelaksanaan kegiatan tersebut berjalan dengan tertib dan aman.

“Pendampingan Pembentukan gugus tugas ini merupakan suatu sistem KLA (Kota Layak Anak) yang di mana di dalamnya ada suatu komitmen yang nantinya bisa berkembang di tingkat Desa, Sekolahan dan Kecamatan,” Ucap Pelda Lukman.(ain/yus/gan).