Selasa, April 23, 2024
BerandaPemerintahanPemkab Sigran Gelar Pelatihan, Guna Tingkatkan Pemahaman Kelembagaan Irigasi

Pemkab Sigran Gelar Pelatihan, Guna Tingkatkan Pemahaman Kelembagaan Irigasi

SIDRAP, Xtimenews.com – Pemerintah Kabupaten Sidrap mengadakan Pelatihan Penyusunan Profil Sosial Ekonomi, Teknik dan Kelembagaan (PSETK) Program Pengembangan dan Pengelolaan Irigasi Partisipatif Terpadu atau Integrated Participatory Development and Management of Irigation Program (IPDMIP).

Pelatihan berlangsung di Aula SKPD Sidrap, Senin (25/3/2019), diikuti para Ketua P3A dan GP3A, koordinator dan personil Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM). Pelatihan dihadiri perwakilan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Sidrap.

Kabid Infrastruktur dan Pengembangan Bappelitbangda Sidrap, Muhammad Basri, selaku pelaksana kegiatan menjelaskan, kegiatan bertujuan meningkatkan pemahaman kelembagaan pengelolaan irigasi dan pelaku kegiatan irigasi dan pertanian.

Para peserta fokus mendengarkan pelatihan.(foto istimewa)

“Diharapkan mereka memiliki kemampuan dalam merencanakan program pemberdayaan kelembagaan P3A, GP3A, IP3A bersama Poktan dan Gapoktan menuju peningkatan kinerja pengelolaan irigasi pertanian secara partisipatif tanggap gender dan berwawasan lingkungan,” urainya.

Basri menambahkan, dalam pelatihan itu diperkenalkan metode Pemahaman Partisipatif Kondisi Daerah lrigasi (PPKDI) sebagai wadah berbagi pengalaman masyarakat petani pemakai air.

“Metode ini dapat lebih mengoptimalkan hasil, berorientasi praktis dan keberlanjutan programnya,” ungkapnya.

Setelah mengikuti kegiatan tersebut, imbuh Basri, diharapkan peserta bisa lebih terampil dalam mengelola irigasi sehingga hasil pertanian semakin banyak dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sidenreng Rappang. (darwin/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments