Beranda Index Ekonomi DKPP Belum Pernah Lakukan Uji Laboratorium Ikan Rengkik

DKPP Belum Pernah Lakukan Uji Laboratorium Ikan Rengkik

Wawali (kiri berkacamata) didampingi Kepala DKPP Kota Mojokerto (kanan) saat meninjau para peserta lomba.(Narto/xtimenews)

MOJOKERTO, xtimenews.com – Hampir empat tahun semenjak diperkenalkannya budidaya ikan rengkin di Kota Mojokerto, belum sekalipun Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Mojokerto melakukan uji laboratorium terkait zat apa saja yang terkandung dalam ikan rengkik.

Namun, sangat diyakini bahwa kandungan yang terdapat dalam ikan rengkik sangat bagus dan lebih bagus dibandingkan dengan ikan lele serta ikan patin.

Hal ini disampaikan oleh kepala DKPP Kota Mojokerto, Drs. R. Happy. Dwi. P, M.Si, saat ditemui disela-sela acara lomba masak ikan yang diselenggarakan di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Jalan Raya Perum Suromulang, Kota Mojokerto, Selasa (26/3/2019).

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan stimulan bagi ibu-ibu agar sesering mungkin membuat menu dengan bahan dasar ikan, karena kandungan protein dan omega nya sangat bagus untuk pertumbuhan dan kecerdasan anak,” katanya.

Ketua Tim Penggerak PKK (kanan berkacamata) saat meninjau para peserta lomba. (Narto/xtimenews)

Masih kata Happy, konsumsi ikan di Kota Mojokerto sangat besar. Terlebih lagi ikan yang banyak dikonsumsi ialah ikan lele, patin dan gurami. Untuk ikan rengkik masih belum banyak dikonsumsi karena memang produksinya juga masih sedikit.

“Kita akan terus gencarkan pada para peternak untuk produksi ikan rengkik lebih banyak, karena sangat bagus kandungan protein dan omeganya,” lanjutnya.

Namun pihaknya mengaku belum pernah melakukan uji laboratorium terkait kandungan protein dan omega dari ikan rengkik tersebut.

“Kita memang belum pernah melakukan uji laboratorium dari ikan rengkik. Namun karena cara berternaknya yang sangat bagus dengan pakan yang tidak sembarangan serta kolam yang selalu bersih, kita meyakini kandungan zatnya sangat bagus,” pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Wakil Walikota Mojokerto, H. Achmad Rizal Zakaria berserta ketua tim penggerak PKK Kota Mojokerto, yang sekaligus membuka acara lomba memasak ikan. (nar/gan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here