Beranda Index Headline Antisipasi Banjir, BPBD Mojokerto Bersihkan Sungai Sumber Pasinan

Antisipasi Banjir, BPBD Mojokerto Bersihkan Sungai Sumber Pasinan

Pembersihan Sumbatan di Pintu air Sungai Sumber Pasinan

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Curah hujan yang cukup tinggi pada Jum’at (11/01/2019) kemarin menyebabkan sejumlah Sungai di Kabupaten Mojokerto tersumbat.

Untuk mengantisipasi banjir akibat sumbatan tersebut, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto melakukan pembersihan sumbatan di pintu air sungai Sumber pasinan Desa Balongmasin, Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto, Sabtu (12/01/2019).

Tim BPBD berkoordinasi dengan Camat Punging, Kades Balongmasin, Babinsa dan perangkat desa setempat, untuk melakukan perbersihan sumbatan di pintu air dari sungai sumber pasinan yang mengalir ke sungai sadar. Sumbatan tersebut berupa rumpun bambu dan batang pohon, serta mengatasi tanggul jebol di sisi timur pintu air dengan panjang sekitar 25 meter dengan kedalaman 3 meter, yang mengakibatkan genangan air di Dusun Krisik, Desa Balongmasin, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto.

Mujib Camat pungging berkoordinasi dengan pimpinan pelaksana proyek perbaikan tanggul sungai sadar supaya alat beratnya bisa diperbantukan untuk melakukan pembersihan sumbatan di pintu air sungai sumber pasinan.

Tanggul jebol di sisi timur pintu air Sumber Pasinan

“Pintu air sungai sumber pasinan sudah bersih dari sampah, untuk tanggul jebol saya berkordinasi dengan pimpinan pelaksana proyek perbaikan tanggul sungai sadar untuk bisa membantu perbaikan tanggul yang jebol pada sisi pintu air sungai sumberpasinan,” pungkasnya.

Mujib Camat pungging juga menghimbau kepala desa balongmasin untuk dilakukan kerja bakti pada tanggul yang kritis.(den/ron/gan)

Baca Juga ;  Ini Dua Kecamatan Yang Paling Parah Terdampak Banjir Bandang Dari Delapan Kecamatan Di Mojokerto