Jumat, April 19, 2024
BerandaIndexPeristiwaPartisipasi Aktif Babinsa Koramil 0815/07 Jetis Dalam Pendampingan Pertanian

Partisipasi Aktif Babinsa Koramil 0815/07 Jetis Dalam Pendampingan Pertanian

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Dalam upaya mengoptimalkan pencapaian swasembada pangan di wilayah, Koramil 0815/07 Jetis Kodim 0815 Mojokerto menerjunkan para Babinsa untuk melakukan pendampingan terhadap petani di lima desa binaan.

Seperti Babinsa Parengan Koramil 0815/07 Jetis Pelda Santoso yang mendampingi perawatan tanaman tanaman padi di lahan seluas satu hektar milik Karto, anggota Kelompok Tani (Poktan) Tani Mulyo Dusun Gondang Desa Parengan Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jum’at (04/01/2019).

Di areal persawahan yang ditanami jenis padi varietas Ciherang berumur 18 hari tersebut, dilakukan pembersihan gulma dan rumput liar secara manual oleh petani bersama buruh tani dari desa setempat.

Di sela-sela kegiatan Pelda Santoso mengatakan, perawatan tanaman padi di lahan milik Pak Karto berupa penyiangan tanaman yaitu membersihkan rumput dan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman padi dengan tujuan agar padi dapat tumbuh berkembang dan dengan leluasa menyerap unsur hara yang dibutuhkan tanaman.

“Bila rumput-rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman tidak dibersihkan maka akan menjadi pesaing tanaman padi dalam menyerap unsur hara, cahaya, air sehingga pertumbuhannya akan terhambat dan akan berpengaruh pada hasil panen,” terang Santoso

Pendampingan perwatan tanaman padi Desa Parengan

Pelda Santoso menambahkan, penyiangan ini biasanya dilakukan dua kali dalam satu kali masa tanam, pertama, saat tanaman berumur tingga minggu dan yang kedua ketika padi berumur enam minggu.

Sementara itu, di lokasi lainnya kegiatan serupa juga berlangsung di Dusun Pelabuhan Desa Jetis. Pendampingan perawatan tanaman padi berupa pembersihan gulma dilakukan Babinsa Jetis Serma Supi’i Hadi, di lahan seluas satu hektar milik Syaiful, Poktan Marmoyo Joyo, yang ditanami jenis padi varietas Ciherang berumur 16 hari.

Kegiatan pendampingan juga berlangsung di lahan seluas satu hektar milik Holidi, anggota Poktan Tani Pandan Arum, Dusun Sawo Desa Sawo. Di areal ini pendampingan dilakukan Babinsa setempat Serda Edy Purwono dalam pengolahan lahan dengan menggunakan satu unit hand traktor.

Sehari sebelumnya, Kamis (03/01/2019) Babinsa Koramil Jetis yakni Serda Slamet Sugiarto melakukan pendampingan perawatan tanaman padi jenis Ciherang berumur 15 hari di lahan seluas satu hektar milik Demak, anggota Poktan Tanii Makmur, Dusun Bendung Desa Bendung. Sementara Serda Edy Purwono membantu dan mendampingi tanam padi varietas Ciherang di lahan milik Totok, Poktan Tani Pandan Arum, Dusun/Desa Sawo.

Sementar Danramil 0815/07 Jetis Kapten Inf Sasminto saat dikonfirmasi menuturkan, kegiatan pendampingan yang dilakukan para Babinsa merupakan bagian upaya khusus ketahanan pangan guna mendukung dan mensukseskan program swasembada pangan nasional.

“Kendati pendampingan ini sebagai tugas tambahan namun para Babinsa harus proaktif terjun langsung karena selain untuk memotivasi para petani juga dapat mengetahui kendala atau hambatan yang dihadapi petani sehngga dapat dengan segera dicarikan soulusi untuk mengatasinya,” tegasnya.(den/ron/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments