Kamis, April 18, 2024
BerandaPemerintahanTarif Tol Jomo Naik Mulai 7 Januari 2022

Tarif Tol Jomo Naik Mulai 7 Januari 2022

JOMBANG, Xtimenews.com – PT Marga Harjaya Infrastruktur (ASTRA Tol Jombang-Mojokerto) bakal melakukan penyesuaian tarif ruas tol Jombang-Mojokerto mulai 7 Januari 2022 pukul 00.00 WIB.

Penyesuaian tarif itu berlaku sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR) nomor 1589/KPTS/M/2021.

Penyesuaian tarif pada jarak terjauh yakni Mojokerto-Bandar mengalami penyesuaian dari semula Rp47.500 menjadi Rp49.000 untuk kendaraan golongan I, namun untuk jarak terdekat yakni Mojokerto-Mojokerto Barat tidak mengalami perubahan dengan tarif tetap Rp6.000.

“Penyesuaian tarif tol ini merupakan penyesuaian tarif regular dan telah diatur sesuai undang-undang,” kata Presiden Direktur ASTRA Tol Jombang-Mojokerto, Rinaldi dalam keterangan tertulis kepada wartawan di Jombang.

“Berdasarkan regulasi tersebut, evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap 2 tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi,” lanjutnya.

Ruas tol Jombang-Mojokerto konsisten meningkatkan kualitas jalan dan melakukan pemeliharaan rutin. Di antaranya perawatan lajur, penghijauan di sepanjang jalan tol, pembersihan lajur jalan tol dan saluran air, dan pemeliharaan rambu serta pemeliharaan landscape jalan tol.

Rinaldi juga menjelaskan pekerjaan itu merupakan pekerjaan berkala, bukan hanya karena ada penyesuaian tarif tol saja namun memang sudah menjadi bagian dari kewajiban dalam pemenuhan Standar Pelayanan Minimum (SPM).

Pemenuhan SPM ruas tol Jombang-Mojokerto ini pun dilakukan melalui inspeksi yang intensif dan rutin oleh Badan Pengatur Jalan Tol dan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR.

Selain itu, ASTRA Tol Jombang-Mojokerto terus berinovasi menciptakan value creation demi meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan berdasarkan dengan Survei Kepuasan Pelanggan yang dilakukan secara rutin.

Seperti pemasangan kamera CCTV analitik, penyediaan struk digital, dan pengembangan area parkir di tempat istirahat KM 678 A dan KM 695 B.

Kontribusi pengguna jalan tol memiliki peranan penting dalam upaya mempertahankan kualitas jalan yang baik. Hal ini mengingat ruas Jombang-Mojokerto merupakan bagian dari Tol Trans Jawa yang berperan sangat penting bagi pengembangan wilayah dan industri di Jawa Timur.

Selain untuk peningkatan kualitas jalan, kontribusi pengguna jalan tol juga merupakan wujud partisipasi publik dalam pembangunan infrastruktur berkelanjutan.

ASTRA Tol Jombang-Mojokerto berperan aktif dalam program kontribusi sosial melalui 4 pilar CSR Astra yaitu kesehatan, pendidikan, lingkungan dan kewirausahaan untuk masyarakat sekitar jalan tol.(ar/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments