Selasa, April 23, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIBangun Pabrik Gula Merah, Kapolsek Banyuputih Sukses Kurangi Pengangguran

Bangun Pabrik Gula Merah, Kapolsek Banyuputih Sukses Kurangi Pengangguran

SURABAYA, Xtimenews.com – AKP Heru Purwanto Kapolsek Banyubiru telah sukses mengurangi pengangguran dengan menciptakan lapangan kerja.

AKP Heru Purwanto merintis usaha tersebut sejak akhir tahun 2020, sampai saat ini pabrik gulanya sudah memproduksi gula merah dan mampu membantu perekonomian masyarakat setempat.

Dia membangun pabrik gula merah yang bertempat di Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih, Situbondo. “Pabrik ini saya beri nama UD Gula Bagus,” ujar Ujar AKP Purwanto.

Dengan bahan baku dasar tebu, pabrik ini mampu menyerap tenaga kerja 16 orang warga sekitar. pekerjanya dijadwal kerja masuk siang dan malam secara bergantian. Tidak hanya itu, dengan berdirinya pabrik gula merah ini Pak Kapolsek sudah bisa sedikit mengurangi permasalahan bagi petani tebu terutama yang ada di wilayah Kecamatan Banyuputih.

“Petani tebu kecil yang punya tanaman tebu satu dua petak dan tidak bergabung dengan kelompok tani binaan Perusahaan Gula / PG lain, tebunya saya beli, dan tidak harus menunggu musim giling. Alhamdulillah, dua truk tebu bisa masuk setiap harinya untuk produksi gula merah, di perusahaan gula ini,” tutur Kapolsek.

AKP Heru Purwanto juga mengungkapkan niatnya kedepan, selain produksi gula merah dirinya berencana akan mengolah limbah dari gula agar bisa bermanfaat.

“Rencananya limbah dari perusahaan gula akan saya olah menjadi pakan ternak dan pupuk organic, ini akan saya lakukan secara bertahap,” ungkap kapolsek penuh optimis.

Menurut AKP Heru Purwanto sekarang ini pabriknya masih memproduksi gula relatif sedikit  setiap harinya baru bisa memproduksi antara 1,3 ton hingga 1,5 ton, yang sudah mulai di pasarkan ke Banyuwangi, Blitar, Sidoarjo dan Surabaya.

“ Ini langkah awal saya, saya akan terus mengembangkan dan meningkatkan produksi gula merah saya, agar bisa lebih banyak menampung pengangguran yang ada diwilayahnya untuk bisa bekerja dan mendapat penghasilan mereka, itu yang terpenting,” Ujar Kapolsek.

Pembangunan Pabrik Gula yang dilakukan oleh AKP Heru Purwanto dengan tujuan membantu masyarakat petani tebu dan pengangguran mendapat apresiasi dari Sdr. Imam Ansori selaku kepada desa “ Saya selaku Kades Sumberwaru mengucapkan terima kasih kepada bapk Kapolsek yg telah berkiprah memberikan sumbangsih pengadiannya kepada masyarakat disesa Sumberwaru dengan membangun pabrik gula, sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi warga saya petani tebu dan warga yang menganggur, apa yang saya sampaikan ini sebagai bukti kecintaan kami kepada Polisi diseluruh pelosok tanah air,” tandasnya.(dn/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments