Selasa, April 23, 2024
BerandaPemerintahanJelang Idul Adha Wali Kota Mojokerto Sidak Bahan Pokok dan Hewan Qurban

Jelang Idul Adha Wali Kota Mojokerto Sidak Bahan Pokok dan Hewan Qurban

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari sidak harga kebutuhan pokok di pasar tradisional menjelang Hari Raya Idul Adha. Kali ini Pasar Tanjung, Jalan Residen Pamuji, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto, menjadi sasaran, Rabu 14 Juli 2021.

Pasar Tanjung merupakan jantung perbelanjaan di Kota Mojokerto sebagai penyedia kebutuhan pokok masyarakat. Sidak pangan dan harga kebutuhan pokok ini dilakukan bersama Tim Ketahanan Pangan dan Pengendali Inflasi Daerah.

“Harga pokok kebutuhan dasar termasuk harga daging harganya masih stabil, dan bahkan tejadi penurunan harga,” terang wali kota yang akrab disapa Ning Ita ini.

Ning Ita menegaskan, ketersediaan pasokan akan kebutuhan pokok (sembako) selalu tersedia di Pasar Tanjung.

“Semuanya aman dan dimana pasokannya sudah lancar meskipun terjadi pengetatan di ruas jalan karena memang untuk transportasi ini ada pengetatan yang diberlakukan,” tegasnya.

Meskipun ketersediaan bahan pokok dipastikan aman, wali kota mengakui bahwa daya beli masyarakat turun akibat imbas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

“Ya tentu pasti akan ada penurunan gitu ya, daya beli ini belum kita rilis karena kita membackup data pastinya dari BPS (Badan Pusat Statistik),” terang Ning Ita.

Selama ada PPKM Darurat ini, para pedagang memahami dan taat terhadap ketetapan pemerintah. Dimana selama PPKM Darurat ini Pasar Tanjung beroperasi sampai pukul 20.00 WIB dan maksimal kapasitas 50 persen.

Usai sidak kebutuhan harga di Pasar Tanjung, wali kota melanjutkan mengunjungi lapak hewan kurban di Jalan Ijen, Wates, Kecamatan Magersari. Tujuannya memastikan langsung kondisi lapak hewan kurban dan memastikan hewan kurban yang dijual dalam kondisi sehat.

Dari hasil pengecakan dipastikan ratusan hewan qurban yang dijua di Kota Mojokerto ini dinyatakan sehat oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP)

“478 ekor kambing 1 ekor sapi dan 12 ekor domba yang ada di 19 lapak semuanya telah dinyatakan sehat oleh DKPP,” tegas Wali Kota yang membawa semangat Spirit of Majapahit di Kota Mojokerto ini.

Harga kambing rata-rata Rp 2,5-3,5 juta. Tergantung usia, berat, dan ukuran hewan kurban.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments