Jumat, April 26, 2024
BerandaIndexHeadlinePuting Beliung Terjang Kawasan Industri di Mojokerto, Tujuh Perusahaan Mengalami Kerusakan

Puting Beliung Terjang Kawasan Industri di Mojokerto, Tujuh Perusahaan Mengalami Kerusakan

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Puting beliung menerjang kawasan industri di Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto, Kamis (11/3/2021) sore sekitar pukul 16.30 WIB.

Sedikitnya tujuh pabrik di empat blok mengalami kerusakan di kawasan Ngoro Industri Persada (NIP) Kecamatan Ngoro, yaitu pabrik furniture PT Marufuji, pabrik tas PT Internasional Desain Pratama (IDP), kedua pabrik ini berada di blok F.

Kemudian pabrik baja PT Everbrik (HP Metal) dan pabrik pengecoran skrap metal PT Kingson yang berada di blok M. Pabrik keramik PT Kobin yang berada di blok O dan PT Second Bes Paking di blok G.

Rukun Santoso (43), salah satu Satpam kawasan PT Dharmala menegaskan, angin puting beliung menerjang kawasan industri bersamaan dengan karyawan pabrik shif pagi pulang. Angin bergerak dari arah utara ke selatan.

“Awalnya awan mendung tebal dari arah barat. Kemudian angin kencang dari arah utara ke selatan,” kata Rukun kepada wartawan dilokasi, Kamis (11/3/2021).

Akibat terjangan angin tersebut, lanjut Rukun, seng asbes dan penahan atap pabrik berterbangan. Bahkan membuat korsleting listrik hingga meledak. Selain merusak atap pabrik, angin juga menerjang pepohonan dan tiang listrik hingga roboh.

“Wilayah barat jalan utama pohon tumbang hingga tiang listrik roboh. Sementara di wilayah timur ada tujuh pabrik yang mengalami kerusakan,” terang Rukun.

Meskipun arus listrik sempat padam aktivitas perusahaan tetap berjalan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Pantauan dilokasi, jalan di kawasan blok M ditutup sementara karena pagar perusahaan pengecoran rosokan skrap metal PT Kingson roboh akibat diterjang angin.

Hingga saat ini di jalan utama kawasan NIP terlihat aktivitas petugas PLN sedang memperbaiki tiang listrik yang roboh.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments