Kamis, April 25, 2024
BerandaIndexHeadlineLedakan Dasyat di Bekas Kubangan Galian C Gemparkan Warga Mojokerto

Ledakan Dasyat di Bekas Kubangan Galian C Gemparkan Warga Mojokerto

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Warga di Mojokerto dikejutkan dengan ledakan dasyat yang membakar tumpukan sampah di bekas galian C yang berada di Dusun Watuumpak Desa Kepuhpandak Kecamatan Kutorejo, Rabu (20/1/2021) malam.

Pantauan dilokasi, dua kubangan bekas galian C yang dijadikan tempat pembuangan sampah terbakar hebat. Serbuk berwarna putih didekat lokasi kebakaran sampah berceceran.

Empat mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi untuk memadamkan api.

Peristiwa itu membuat warga sekitar sempat panik. Bahkan, selain suara menggelegar, api berkobar dan asap membumbung, ledakan itu juga menggetarkan tanah dan rumah warga sekitar.

“Tadi dikira pesawat jatuh, ada getaran. Rumah warga juga bergetar,” kata Soleh warga Dusun Dateng Desa Mojotamping, Kecamatan Bangsal, pengerajin batu bata yang saat itu sedang berada sekitar 200 meter dari lokasi.

Menurut Soleh, ladakan itu terjadi satu kali sekitar pukul 19.00 WIB. Saat itu dia sedang beraktivitas membakar batu bata, tiba-tiba mendengar suara ledakan dasyat dan melihat api menjalar tinggi.

“Itu bekas galian C yang sudah tidak difungsikan. Kalau untuk pembuangan sampah itu baru saja belum ada satu tahun,” ujarnya.

Kubangan bekas galian C itu digunakan sebagai tempat pembuangan sampah pabrik benang yang ada di daerah Desa Ngrame Kecamatan Pungging, Mojokerto.

“Itu sampah benang sama kain dari pabrik,” tegas Soleh.

Getaran akibat ledakan dasyat itu juga dirasakan warga yang berjarak 1 kilometer dari lokasi. Suara menggelegar membuat warga yang ada di dalam rumah berhamburan keluar lantaran penasaran dengan peristiwa itu.

“Kaget tiba-tiba “bomm…. kaca rumah bergetar saya kira pabrik meledak,” ungkap Abdul Hadi (55) warga Dusun/Desa Mojotamping Kecamatan Bangsal.

Mendengar ledakan dasyat itu Abdul keluar dari rumah bersama warga yang lain. Dalam kondisi hujan ia melihat cahaya kobaran api yang begitu terang dari arah selatan.

“Tahunnya kalau ledakan itu dari pembuangan sampah bekas galian C, ya itu tadi keluar rumah ada cahaya api yang terang,” tandasnya.

Belum diketahui penyebab ledakan dasyat yang menggemparkan warga Mojokerto. Hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian setempat.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments