Kamis, April 18, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIWabup Jombang Pantau Langsung Penyerahan Bansos

Wabup Jombang Pantau Langsung Penyerahan Bansos

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Wakil Bupati Jombang Sumrambah, memantau proses pencairan BST (Bantuan Sosial Tunai) dari Kemensos RI di Desa Sawiji, Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang, Selasa (12/5/2020)

Sumrambah menegaskan, bantuan sosial tunai dari Kemensos itu sebesar Rp 600.000,-  tidak diperbolehkan adanya potongan sedikit pun baik saat menerima maupun setelah menerima.

“Bantuan hendaknya diterima dengan utuh, tidak ada potongan dan penerima BNT Kemensos di Kabupaten Jombang sebanyak 24.100 keluarga dan penerima disalurkan melalui Kantor Pos dan ada yang melalui Bank Kumbara (Kumpulan Bank  Milik Negara) diantaranya BNI, BRI dan Bank Mandiri,” ujarnya.

Wabup menyampaikan, pemerintah menyiapkan bantuan dengan beberapa skema. Selain bantuan reguler seperti PKH, bantuan sembako, BST, kemudian bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa, kemudian dari Pemprov dan Pemkab.

Adapun untuk BLT Dana Desa jumlahnya sama yakni Rp 600.000 yang diberikan selama tiga bulan. Saat ini Pemdes melakukan Musyawarah Desa (Musdes) khusus untuk menentukan calon penerima sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.

“Kami berharap sebelum lebaran BLT DD sudah bisa tersalurkan kepada masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Erwin Burhan S.E. Kepala Desa Sawiji saat diwawancarai mengatakan di Desa Sawiji penerima bantuan sosial tunai dari Kemensos sebanyak 170 keluarga sebesar Rp. 600.000,- melalui Kantor Pos. Adapun bantuan yang diserahkan melalui rekening Bank Milik Negara sebanyak 30 keluarga.

“Sedangkan bantuan sosial tunai dari APBD Kabupaten Jombang sebanyak 200 KK sebesar Rp. 200.000,- dari pengajuan 350 KK dan telah realisasi tepatnya satu minggu yang lalu,” tandasnya.(wis/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments