Kamis, April 18, 2024
BerandaIndexTNI & POLRIBentuk Generasi Muda Berwawasan Kebangsaan Koramil Gondang Gelar Persami Saka Wira Kartika

Bentuk Generasi Muda Berwawasan Kebangsaan Koramil Gondang Gelar Persami Saka Wira Kartika

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Danramil 0815/18 Gondang Kodim 0815 Mojokerto Kapten Inf Wiyanto menutup secara resmi Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) Satuan Karya Pramuka (Saka) Wira Kartika Koramil 0815/18 Gondang, di Lapangan Apel Makoramil Gondang, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Minggu (20/10/2019).

Danramil 0815/18 Gondang Kapten Inf Wiyanto menyampaikan, Persami Saka Wira Kartika merupakan salah satu wahana untuk menumbuhkembangkan semangat bela negara, wawasan kebangsaan dan kepramukaan di kalangan generasi muda sehingga akan terbentuk generasi muda yang berkarakter.

Lebih lanjut Danramil mengungkapkan, tujuan Persami ini, selain membentuk mental yang tangguh juga dimaksudkan untuk melatih kemandirian dan tanggung jawab anggota Pramuka yang tergabung dalam Saka Wira Kartika.

Danramil menegaskan, agar generasi muda yang tergabung dalam Saka Wira Kartika mempunyai jiwa yang ulet, terampil dan tangguh dalam menghadapi era globalisasi. “Sebagai tunas bangsa, Pramuka harus menyatukan persepsi dan menjaga kekompakan sehingga tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang tidak jelas sumbernya,” pintanya.

“Anggota Saka Wira Kartika sekaligus sebagai pelajar harus berani dan mampu membekali diri sendiri dengan kegiatan-kegiatan positif yang bermanfaat bagi pribadi, lingkungan dan masyarakat,” tutup Danramil.

Untuk diketahui, kegiatan Persami Saka Wira Kartika sudah dimulai sejak Sabtu (19/10) dan diikuti para Pembina Ambalan dan siswa/siswi SMA/MA se-Kecamatan Gondang sejumlah 70 orang, terdiri dari SMAN 1 Gondang, MA Miftakhul Qulub, SMA Islam Diponegoro, SMA PGRI dan SMA Hayam Wuruk.

Selama kegiatan Persami yang berlangsung di halaman belakang Makoramil Gondang, anggota Saka Wira Kartika dibekali sejumlah materi, diantaranya Krida PBB, Krida Pioneer, Krida Navigasi Darat, Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments