Jumat, April 19, 2024
BerandaIndexHeadlineBPCB : Struktur Bangunan Kuno di Kumitir Diduga Pagar Pemukiman Jaman Majapahit

BPCB : Struktur Bangunan Kuno di Kumitir Diduga Pagar Pemukiman Jaman Majapahit

MOJOKERTO, Xtimenews.com – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Mojokerto, Jawa Timur, meninjau lokasi penemuan struktur bangunan batu-bata kuno yang berbentuk pondasi di Dusun Bendo, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto.

Arkeolog, BPCB Trowulan Jawa Timur, Nugroho, mengantakan, bahwa di daerah temuan struktur bangunan kuno yang ada di Desa Kumitir tersebut merupakan salah satu sentra atau pusat temuan struktur kuno.

“Daerah ini memang salah satu sentra temuan struktur kuno. Dan sudah banyak kita melakukan peninjauan di wilayah sini,” kata Nugroho, Jum’at (21/06/2019).

Menurutnya, temuan kali ini adalah sebuah pagar yang mengelilingi sebuah pemukiman di era jaman Majapahit.

“Kalua kita melihat temuan struktur kali ini diduga sebuah pagar yang mengelilingi sebuah pemukiman dan kita belum tau pemukiman itu apa milik sebuah keluarga besar atau kerajaan, karena pada jaman Majapahit ada pengelompokan dari sisi bangsawan,” jelasnya.

Bentuk struktur yang menyerupai pagar ini mempunyai tiga pilar penguat pada setiap 4,40 meter. Setiap pilar mempunyai panjang 120 cm dan menonjol 20 cm.

“Setiap 4,40 meter ada satu pilar penguat diding agar tidak roboh. Dan itu kita temukan ada bagian depan dan belakang tidak lurus, agak diagonal,” ujarnya.

Setelah diukur oleh tim BPCB Trowulan Jawa timur, berdasarkan temuan masyarakat panjang struktur bangunan tersebut adalah 21 meter dan mempunyai lebar 120 meter.

“Diperkirakan Ini masih berlanjut, tapi kita belum tau apakah lanjutan struktur ini mengarah ke sisi Utara yang dulu sudah pernah ditemukan, kalo suatu saat temuan ini berlanjut pasti akan ketemu apakah itu merupakan suatu rangakaian apa bukan,” tandas Nugroho.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments