Jumat, April 19, 2024
BerandaIndexHeadlineMalam Pergantian Tahun, Kodim 0815 Mojokerto Siagakan Pasukan

Malam Pergantian Tahun, Kodim 0815 Mojokerto Siagakan Pasukan

Sinergitas antara TNI, Polri dan Pemerintah daerah Kota Mojokerto terus digalang menjelang malam pergantian tahun agar tetap aman dan kondusif

MOJOKERTO, xtimenews.com – Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0815 Mojokerto Mayor Inf Nuryakin, S.Sos, mewakili Dandim 0815 menghadiri Rapat Koordinasi Persiapan Pengamanan Tahun Baru 2019, yang berlangsung di Aula Wira Pratama Polres Mojokerto Kota, Jalan Bhayangkara Nomor 25 Kota Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (26/12/2018).

Rakor Persiapan Pengamanan Tahun Baru 2019 di Wilayah Hukum Polres Mojokerto Kota dibuka Kapolres Mojokerto Kota AKBP Sigit Dany Setiyono, SH., S.I.K., M.Sc (Eng), dan dihadiri Wakil Walikota (Wawali) Mojokerto H. Achmad Rizal Zakaria, Wakapolres Mojokerto Kota Kompol Hadi Prayitno, SH beserta PJU dan Para Kapolsek, Wadan Denpom V/2 Mojokerto Mayor Cpm Marsudianto, S.Sos, Pasimin Gartab Mojokerto Kapten Arh Johanes Ginting, Kasat Pol PP Kota Mojokerto Heryana Dodik Murtono, S.STP., M.Si, Kadishub Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo, ATD., MM., Ketua MUI Kota Mojokerto KH. Rofi’i Ismail, Ketua FKUB Kota Mojokerto KH. Faqih Usman, Lc, Pimpinan Ormas, Tokoh Agama (Toga) serta Tokoh Masyarakat (Tomas).

Saat membuka Rakor, Kapolres Mojokerto Kota mengutarakan, agar melalui rakor ini diharapkan seluruh instansi terkait serta semua pihak bisa bekerjasama dalam rangka pengamanan malam tahun baru 2019 guna mewujudkan situasi kondisi wilayah Kota Mojokerto yang aman dan kondusif.

“Kami pihak Kepolisian juga memperbanyak publikasi sinergitas dalam patroli bersama guna memberikan rasa aman terhadap masyarakat Kota Mojokerto serya dengan adanya pemberitaan terkait situasi yang aman diharapkan perayaan tahun baru akan berlangsung aman, lancar, walaupun lalu lintas padat namun tertib,” ungkap Sigit.

Peserta rakor persiapan malam tahun baru

Sementara Kasdim 0815 Mojokerto menyampaikan, terciptanya kondusifitas wilayah merupakan tugas bersama, untuk itu Kodim 0815 selaku Satuan Komando Kewilayahan yang meliputi wilayah administrasi Kota dan Kabupaten Mojokerto siap mendukung sepenuhnya untuk mewujudkan suasana yang kondusif.

“Untuk mewujudkan situasi yang kita harapkan tersebut, Kodim 0815 telah menyiagakan pasukan sejumlah 1 SST di Makodim dan mengerahkan personel membantu kepolisian di sejumlah Pos Pengamanan di wilayah Mojokerto. Hal ini merupakan panggilan tugas dalam mendukung Kepolisian memberikan rasa aman bagi masyarakat dan mewujudkan situasi yang kondusif,” tandas Nuryakin.

Masih lanjutnya, setiap momen khususnya malam pergantian tahun maka akan ada konsentrasi massa di pusat-pusat perbelanjaan, lokasi hiburan, pusat keramaian. Konsentrasi massa ini akan memungkinkan terjadinya suasana tidak kondusif.

“Untuk itu diperlukan upaya-upaya preventif, termasuk mengurangi penumpukan massa melalui kegiatan positif lainnya seperti kegiatan keagamaan atau do’a bersama di Masjid-Masjid atau lokasi lainnya,” beber Nuryakin.

Pada kesempatan ini juga, disampaikan paparan situasi wilayah oleh Kasat Intelkam kemudian KBO Satlantas Iptu Anang Leo tentang Rekayasa Lalu Lintas Malam Tahun Baru 2019, di wilayah hukum Polres Mojokerto Kota termasuk kekuatan personel yang diterjunkan untuk melakukan penyekatan serta mengurai kemacetan.(den/gan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments